The Hobbyist Scientist

When you make science your hobby.

Monday, May 31, 2004

Masalah Friendster

Ikut Friendster? Kalau iya, coba perhatikan halaman web yang ditampilkan setelah login. Salah satu informasi yang bisa kamu baca adalah berapa banyak teman derajat pertama, kedua dan ketiga yang kamu miliki. Sebagai contoh, halaman Friendster gua saat ini menunjukkan 17 teman derajat pertama, 1819 teman derajat kedua dan 64391 teman derajat ketiga.


Apa kesimpulan yang bisa ditarik dari angka-angka di atas? Hal yang paling jelas tentunya gua kuper berat. Tapi anehnya walaupun kuper, dengan hanya 17 teman derajat pertama (teman yang gua kenal langsung dan berada pada daftar teman gua) gua bisa punya 1819 teman derajat kedua. Itu sekitar 100 kali lipat dari jumlah teman derajat pertama. Artinya rata-rata teman yang gua miliki punya 100 teman unik. Artinya lagi bahwa biarpun gua kuper, teman gua jauh lebih gaul karena mereka rata-rata punya 100 orang teman unik.


Apa lagi yang bisa dilakukan dengan angka-angka ini? Tentu saja menggambar grafiknya. Misalkan S(n) adalah jumlah teman derajat ke-n. Bila kita menggrafik S(n) terhadap n, bagaimana bentuk kurvanya?


Dugaan yang pertama masuk akal adalah grafik tersebut akan berbentuk eksponensial (fungsi a * exp (b*n)). Ternyata data teman-teman Friendster gua tidak mengikuti asumsi ini. Tapi mungkin ini cuma karena gua kuper :P Bila gua mengikuti pola orang lain dalam mencari teman di Friendster, siapa tahu gua juga bisa punya teman lebih dari 100 orang sehingga grafik tersebut akan berbentuk eksponensial


Pertanyaan lain yang timbul:


  1. Berapa jumlah S(4), S(5), S(6)...dst?

  2. Bagaimana bentuk kurvanya?

  3. Bisa diduga bahwa fungsi diskret S(n) monoton naik (artinya naik terus dan tidak pernah turun. Mungkin istilah ini tidak tepat. Mohon maaf, pengetahuan Matematika gua sudah mulai berkarat). Pada angka n=m S(n) akan berhenti naik dan mencapai maksimum. Berapa angka m ini?


Silakan jawab. Gua tidak punya waktu memecahkan semua persoalan di atas :P

5 Comments:

At May 31, 2004 at 5:00 PM, Blogger Enda Nasution said...

gue belum nyoba sih dan ga bisa dicoba karena friendster ga ngasih data setelah derajat ke 3, dan yang pasti jadinya ga saintifik hehe.

cuma gue curiga bahwa setelah derajat kesekian maka grafiknya akan mencapai pleateu dan menyetabil, karena pengguna friendster ga bertambah terus dan yg menggunakannya pun ya semuanya masih temen2x juga

 
At June 2, 2004 at 2:28 AM, Blogger roi said...

mungkin gambar kurvanya adalah eksponen derajat dua buat S(2)
trus buat S(3) grafiknya eksponensial derajat tiga
dan seterusnya....
tapi emang ada gitu grafik eksponensial derajat dua dan lebih ?
hehehehe

 
At August 15, 2005 at 11:40 PM, Anonymous Anonymous said...

wah niat sekali.. ck ck ck *kagum*

 
At November 13, 2006 at 1:18 PM, Anonymous Anonymous said...

Good design!
[url=http://cbcxftew.com/atli/mook.html]My homepage[/url] | [url=http://arigfhvl.com/rbbf/cbnw.html]Cool site[/url]

 
At November 13, 2006 at 1:19 PM, Anonymous Anonymous said...

Great work!
http://cbcxftew.com/atli/mook.html | http://rhhnvnva.com/vaaw/lhrf.html

 

Post a Comment

<< Home